Senin, 28 November 2011

8 Aktivitas Sehari-hari yang Bisa Menyebabkan Kematian

Ketika saya sedang asyik termenung, saya teringat akan perkataan seorang guru bahwa ternyata hasil survey sebuah lembaga kesehatan di Amerika menyatakan bahwa duduk terlalu lama didepan komputer akan menyebabkan berbagai resiko penyakit yang akan ditimbulkan. Nah, saat itu juga saya ingat kebiasaan saya akhir-akhir ini yang duduk didepan komputer selama berjam-jam yang ternyata dapat membunuh saya secara perlahan.

Oleh karena itu, saya langsung membuat artikel ini yang mungkin dapat merubah aktivitas buruk anda sekalian atau minimal dapat menguranginya.

Langsung aja tanpa basa basi silakan baca deh, hehehehe

1. Terlalu lama duduk

Seperti apa yang saya katakan dalam bagian awal artikel ini bahwasanya duduk terlalu lama itu mematikan. Para ilmuwan mempertegas bahwa duduk dalam periode lama, sekalipun anda secara reguler berolahraga bisa berakibat buruk pada kesehatan anda. Tidak masalah di mana duduknya, baik di kantor, sekolah, mobil atau bahkan di depan komputer dan televisi akan menyebabkan hal buruk bisa terjadi jika terlalu lama duduk.


2. Makanan yang mengandung bahan kimia

Sering tanpa anda sadari bahwa dalam makanan yang anda konsumsi sehari-hari ternyata mengandung zat-zat kimia yang bersifat racun, baik itu sebagai pewarna, penyedap rasa, dan bahan campuran lainnya. Za-zat kimia ini berpengaruh terhadap tubuh kita dalam level sel sehingga kebanyakan dari kita akan mengetahui dampaknya dalam waktu yang lama. Dampak negatif yang bisa terjadi adalah dapat memicu kanker, kelainan genetik, cacat bawaan ketika lahir, dan lain-lain. Tidak ada cara untuk menghindar 100% dari bahan-bahan kimia itu dalam kehidupan kita sehari-hari karena memang kita sudah cukup tergantung terhadapnya. Akan tetapi yang perlu kita lakukan adalah meminimalisir penggunaannya sehingga tidak melewati ambang batas yang disarankan. 

3. Minum minuman keras

Sebenarnya dalam agama pun sudah diberi tahu bahwa meminum minuman keras itu haram karena dapat menimbulkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, pada bagian ini saya hanya akan menekankan pada dampak negatif dari meminum minuman keras, seperti :

• Kerusakan saraf
• Gangguan jantung
• Mengganggu metabolisme tubuh
• Menyebabkan gangguan pada ibu hamil
• Mengganggu fungsi reproduksi (seksual)
• Kemiskinan



4. Mengemudi kendaraan

"Kematian yang disebabkan kecelakaan di jalan meningkat dari 10,9 persen menjadi 15,8 persen 1999-2008 gan :berduk, dan sebagian besar peningkatan terjadi setelah tahun 2005 gan," tulis mereka dikutip Reuters. "Pada 2008, sekitar 1 dari 6 tabrakan kendaraan yang fatal akibat pengemudi terganggu saat mengemudi," kata laporan itu. Ditemukan 5.870 orang meninggal dalam kecelakaan yang disebabkan gangguan dalam mengemudi. Dikarenakan begitu tingginya tingkat kematian saat mengemudi kendaraan maka sebaiknya kita selalu berhati-hati pada saat mengemudi dan jang lupa membaca do'a agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Merokok
Nah, untuk yang satu ini saya nampaknya tidak perlu menjelaskan dampaknya karena memang pada bungkus dan iklan rokok pun sudah ada. Namun disini saya akan menekankan pada bagian ribuan bahan kimia yang terkandung dalam rokok:

Zat Kimia Pada Rokok

Silakan anda membayangkan apabila zat-zat itu ada didalam tubuh anda.

6. Teknik / Cara penyamakan kulit 


Didalam Industri Penyamakan kulit menggunakan bahan- bahan pembantu yang tersusun dari senyawa-senyawa kimia. Ada yang berwujud bubuk, kristal, maupun cair, semi liguid yang berbahaya terhadap kesehatan manusia. Bahan- bahan kimia tersebut akan kontak dengan pekerja. Industri Penyamakan Kulit dengan berbagai macam cara, yaitu melalui kontak dengan kulit atau dengan cara penghirupan dalam bentuk gas atau uap. 

Dibawah ini akan dijelaskan akibat yang ditimbulkan apabila kontak dengan bahan-bahan yang bersifat korosif/ beracun :

-menyebabkan bronkitis,
-kulit menyebabkan terbakar
-merusak buah ginjal juga otot- otot hati.
-menyebabkan iritasi pada kulit, mata, membran mukosa.
-menyebabkan mual, muntah-muntah dan pada akhirnya diikuti dengan kerusakan hati.
-menyebabkan muntah, diare, kolaps
-menyebabkan mual, muntah, diare, bahkan anemia. Naftol dapat diserap oleh kulit. 



7. Perokok pasif

Nah, untuk merokok ternyata bukan hanya perokok yang akan menimbulkan penyakit melainkan perokok pasif pun juga. Perokok pasif memiliki tingkat terserang penyakit lebih cepat karena ia menghirup asap rokok tanpa menggunakan saringan atau filter sehingga dampaknya akan lebih cepat terjadi. 

8. Galau

Mengapa galau dikatakan aktivitas yang bisa menyebabkan kematian? 
Jawabannya sederhana yaitu karena disaat anda sedang galau biasanya anda akan berada dalam situasi dimana anda tidak dapat mengendalikan diri anda. Nah, pada saati itulah sesuatu yang tidak diinginkan biasanya terjadi.

Kesimpulan :
"Terlepas dari berbagai hal yang telah saya sampaikan diatas, kita sebaiknya mempersiapkan diri kita karena kematian adalah sesuatu yang tidak dapat diduga-duga, baik waktu, penyebab, tanda-tanda, dan lain-lanya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar